Friday, October 18, 2013

Kehidupan di STAN

Seperti inilah penampakan kampus STAN jika anda masuk lewat gerbang depan, tempat ini rame juga dikunjungi oleh penduduk sekitar untuk sekedar nongkrong maupun joging di pagi hari, karena ada joging track juga di dalam kampus, banyak juga spot untuk foto kawula muda. Emang ini icon STAN, selain ini suasana kampus juga masih asri, ada taman bunga yang rumputnya tidak boleh diinjak, ada juga lapangan yang ada plang "tidak boleh bermain bola di sini", ada lagi taman DC terletak diantara gedung C dan D dan ada pohon besarnya.. biasanya dipake untuk duduk-duduk, tugas kelompok, kumpul organda, hotspotan, karena ada colokan listrik juga di taman DC ini, tapi tempat hotspot yang kenceng itu di dalam gedung L alias Labkom, kecepetannya sampe 2 mBps, penulis sering download di sini juga.

Tapi tahukah anda kampus STAN itu ada banyak, kita perlu bagi dulu pengertian kampus ini, secara luas kampus itu berarti seluruh lokasi pendidikan bagi mereka yang lolos USM STAN, secara sempit berarti kampus pusat yang terletak d Jurangmangu Timur, Bintaro, Tangerang. Yang menyebutnya Kampus Jakarta juga ada, terletak di daerah perbatasan katanya. Ini pusat karena paling banyak menampung mahasiswa, paling luas juga kayanya (belum survey tempat lain), dan kompleknya juga bersebelahan dengan kantor BPPK (Balai Pendidikan dan Pelatihan Keungan).

Tapi selain kampus ini, masih ada banyak lagi, misalnya Balai Diklat Bea Cukai di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Ini tempat pendidikan khusus jurusan Bea Cukai, luas juga. Terus ada juga Balai Diklat Keungan tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia, ada BDK Medan, Palembang, Pekanbaru, Cimahi, Jogjakarta, Malang, Denpasar, Balikpapan, Pontianak, Manado, Makasar.

Jangan tenang dan jangan ngeri dulu gan. kenapa?, simak ni, USM pas tahun 2011 itu yang lolos USM STAN langsung disebar lokasi pendidikannya di seluruh Indonesia, orang tegal juga macem-macem ada yang di makasar, pontianak, manado. Kalo penasaran kaya apa keadaan disana, damai kah, warungnya murahkah, banyak orang jawanyakah, warnetnya berapa satu jamnya, tanya aja sama yang ngerasain, karena sendiri penulis dapat lokasi pendidikan di bintaro.
Tapi itu tahun 2011 yang hanya buka D1, tahun 2010 yang buka D3 lokasi pendidikannya itu di bintaro semua kecuali jurusan bea cukai. Bagaimanakh kira-kira tahun ini, ga ngeri juga, toh itu juga masih wilayah Indonesia, bisa pake bahasa Indonesia, sekalian petualangan cari pengalaman atau cari jodoh barangkali, mumpung masih muda.

Cerita lagi untuk kampus bintaro. saya jelaskan rute Kalo dari Tegal mau kesitu, umumnya sih pake bus atau kereta api, yang ga umum pake mobil pribadi atau motor. Lanjut yang umum aja. Penulis ini lebih sreg pake kereta api, kenapa?, karena jamannya itu, tiketnya hanya 15.000 rupiah, maklum mahasiswa jadi pake yang kelas ekonomi bersubsidi, rame kaya pasar banyak orang lewat jualan. Tapi katanya sekarang sudah dihapus alias tidak ada diganti ekonomi AC 40.000, sepi ga ada pedagang. yah, tiketnya juga bisa dipesen di ind*m*rt. harganya naik dikit, beda kalo beli di stasiun, masih 40.000, tapi stasiun Tegal kan jauh dari Pagerbarang, mending ke mart tadi deket.

Nanti kalo pake kereta, turunnya d stasiun kota, terus pake busway tiketnya 3.500 kan yah? udah lupa, berhenti di Blok M, ganti minibus nomor 71 bayar 2.000, terus lanjut angkot kode 05 bayar 2.000, bilang aja ke tukang angkot, gerbang STAN, nanti di turunin di gerbang belakang STAN, alias gerbang Ceger.
Kalo pilih bus, bisa pilih terminal Slawi atau Tegal, bayarnya antara 40 ekonomi, 45 ribu untuk AC ekonomi, bisa naik lagi kalo lagi hari sibuk pulkam. Turun di Kebayoran Lama lanjut angkot kode 05 sama kaya di atas. Silahkan diingat-ingat atau dicatet, barangkali dapet lokasi pengambilan BPU di kampus Bintaro, untuk cari tempat tinggalnya nanti bisa dibantu oleh kakak-kakak IST juga, yang punya kamar kos luas, gampang lah entar.

Udah ringkes tapi tetep panjang, itu juga dari mikir keras mengingat-ngingat masa-masa kuliah d STAN, kalo da salah-salah dikit entar dikoreksi di bagian komen sama yang lain, barangkali harga-harganya udah pada naik, udah jadi alumni muda maklum,. tapi demi berbagi ilmu juga dari IST untuk adik-adik sekalian, suatu kebahagian bisa bantu orang lain, sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat. Share dan ceritakan juga buat yang lainnya y. Sankyu.

0 komentar: